Madrasah Hebat Bermartabat

الرحلات والثقافة (Perjalanan dan Kebudayaan)

لَقَدْ تَوَسَّعَ الْعَالَمُ الْإِسْلَامِيُّ فِى الْعُصُوْرِ الْمَاضِيَةِ. وَهٰذَا يُؤَدِّيْ إِلَى زَيَادَةِ الْأَهَمِّيَّةِ الْمَعْلُوْمَاتِ جُغْرَاغِيَّةِ الْإِسْلَامِيِّ وَالتَّعَرُّفِ عَلَى الْأَحْوَالِ الْبِلَادِ.
Sungguh dunia Islami pada masa-masa lalu telah mengalami perluasan. Ini menyebabkan kepada bertambah pentingnya pengetahuan Geografi keislaman dan pengetahuan terhadap keadan-keadaan negara.
وَرَوَى التَّارِخُ أَنَّ الرَّحَالَةَ الْعَرَبَ كَانُوْا يَجُوْبُوْنَ الْبِلَادَ الْإِسْلَامِيَّةَ وَتَجَاوَزُوْنَ حُدُوْدَ الْعَالَمِ الْإِسْلَامِيِّ, فَلَمْ تَمْنَعْهُمْ صُعُوْبَةُ الْمُوَاصَلَاتِ أَوْ بُعْدُ الْمَسَافَاتِ.
Ahli sejarah telah meriwayatkan bahwa sesungguhnya para pelancong Arab mereka melampaui negara-negara Islam dan melewati batas-batas dunia Islam, maka sulitnya transportasi atau jauhnya jarak perjalanan itu tidak menghalangi mereka.


وَقَدْ كَثُرَ حِيْنَئِذٍ الرِّحْلَاتُ الْعِلْمِيَّةُ وَالدِّيْنِيَّةُ وَالتِّجَارِيَّةُ.
Dan ketika itu,  sungguh banyak perjalanan ilmiyah, keagaamaan dan perdagangan.
الرِّحْلَاتُ الْعِلْمِيَّةُ (Perjalananan Imiyah)
إِهْتَمَّ الْإِسْلَامُ اهْتِمَامًا كَبَيْرًا فِى بَالْعِلْمِ, وَحَثَّ عَلَى طَلَبِهِ وَالسَّعْيِ إَلَيْهِ. وَأَصْبَحَتِ الرِّحَلَةُ لِذٰلِكَ مُنْذُ فَجْرِ الْإِسْلَامِ فِيْ طَلَبِ الْعِلْمِ ضَرُوْرِيًّا, كَالَّذِيْ رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ (اَلْمُتَوَفَّى عَامَ ۲۵۶ ه) مِنْ أَنَّ أَرْجَابَ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَحَلَ إِلَى مَسِيْرَةِ الشَّهْرِ إِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ أَنِيْسٍ فِى طَلَبِ حَدِيْثٍ وَاحِدٍ.

Islam menaruh perhatian yang sangat besar terhadap ilmu dan mendesak untuk menunututnya, dan berjalan kepadanya. Karena itu, sejak terbitnya fajar Islam,  perjalanan  dalam menuntut ilmu itu menjadi penting, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari (wafat tahun  256 H), bahwa sesunggunya Arjab bin Abdullah telah melancong dalam masa perjalanan satu bulan menuju Abdullah bin Anis dalam menuntut satu hadits.
وَالْبُخَارِيُّ نَفْسُهُ مِثَالُ رَائِدٍ لِلْعُلَمَاءِ الرِّحْلَةِ. وَلَمْ يَقْتَصِرِ الْأَمْرُ عَلَى هٰذَيْنِ الْمُحَدَّثِيْنِ بَلْ إِنَّ كَثِيْرًا مِنْهُمْ كَانَ يَقْطَعُ الصَّحَارَى لِلتَّأْكِيْدِ مِنْ صِحَّةِ حَدِيْثٍ أَوْ مَعْرِفَةِ سَنَدِهِ.

Imam Al-Bukhari sendiri adalah contoh pelopor bagi para ilmuwan pelancong. Perkara ini tidak terbatas pada dua ahli hadits ini, bahkan banyak diantara mereka menempuh padang pasir untuk menguatkan tentang shohihnya hadits atau mengetahui sanadanya.
وَبِجَانِبِ الْهَدَفِ الرَّئِيْسِيِّ لِلرِّحْلَةِ فِى طَلَبِ الْعِلْمِ   كَانَتْ تَتَحَقَّقُ أَهْدَافٌ أُخْرَى, أَهَمُّهَا التَّعَرُفُ عَلَى أَحْوَالِ الْبِلَادِ السِّيَاسِيَّةِ وَمَرَاكِيْزِ الْحَيَاةِ الْعِلْمِيَّةِ وَعَادَاتِ النَّاسِ وَأَخْلَاقِهِمْ.
Disamping tujuan pokok bagi perlancog dalam menuntut ilmu, ada tujuan-tujuan yang lain, tujuan yang terpenting dari perjalanan adalah mengenal keadaan-keadaan politik negara-negara, pusat-pusat kehidupan ilmiyah, adat-adat manusia dan akhlak manusia.
 اَلرِّحْلَاتُ الدِّيْنِيَّةُ (Perjalanan Keagamaan)
وَقَدْ سَاهَمَتِ الرِّحْلَاتُ الدِّيْنِيَّةُ فِيْ تُوْسِيْعِ مَدَى الْأَسْفَارِ, إِذْ أَنَّ حَجَّ الْبَيْتِ – مَثَلًا – أَتَاحَ لِكَثِيْرٍ مِنْ حُجَّاجِ بِيْتِ اللهِ الْحَرَامِ التَّعَاَرُفَ بَيْنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَتَبَادُلَ الْمَعْلُوْمَاتِ, وَهُمْ يَأْتُوْنَ إِلَيْهَا مِنْ كُلِّ الْجِهَاتِ مِنْ أَجْنَاسٍ مُخْتَلِفَةٍ.
Sungguh perjalanan kegamaan telah memberikan andil dalam memperluas sepanjang perjalanan, karena bahwa sesungguhnya Baitullah –misalnya memudahkan bagi orang-orang yang berhaji  untuk saling kenal-mengenal diantara kaum muslimin  dan saling tukar- menukar pengetahuan.  mereka datang ke Baitullah dari selutuh penjuru dari jenis-jenis yang berbeda-beda.
 اَلرِّحَلَاتُ التِّجَارِيَّةُ  (Perjalanan Perdagangan)
وَقَدْ رَاجَتِ التِّجَارَةُ فِيْ عُصُوْرِ الْإِسْلَامِ, فَكَانَتِ التِّجَارَةُ تَرْتَبِطُ الْأَقَالِيْمَ الْإِسْلَامِيَّةُ بِخَارِجِ الْحُدُوْدِ, حَيْثُ وَصَلَ التُّجَّارُ أَوَاسِطَ إِفْرِيْقِيَّا وَشَرَقِيَّ آسِيَا.
Sungguh perdagagan telah menyebar pada masa-masa Islam, maka perdagangan menjalin ikatan wilayah-wialyah Islam di luar batas, dimana para pedagang telah sampai ke Afrika Tengah dan Asia Timur.
وَقَدِ اقْتَضَّتْ هٰذِهِ التِّجَارَةُ الْعَالَمِيَّةُ أَنْ يَضَعَ الْجُغْرَافِيُّوْنَ كُتُبَ الدَّلِيْلِ لِهٰذِهِ الرِّحْلَاتِ, فَبَيَّنَتْ هٰذِهِ الْكُتُبُ الْأَمَاكِنَ وَالْمَسَافَاتِ, وَذَكَرَتْ أَخْلَاقَ الْأُمَمِ وَعَادَاتِ النَّاسِ وَمَا عِنْدَهُمْ مِنَ الْبَضَائِعِ وَالْمَصْنُوْعَاتِ وَالْحَاصِلَاتِ الزِّرَاعِيَّةِ.
Sungguh perdagan dunia inia telah meminta para Ahli Geografi mengarang buku petunjuk untuk perjalan-perjalanan ini, maka kemudian buku-buku ini menjelasakan tempat-tempat dan jarak-jarak, menyebutkan akhlak para umat dan adat kebiasan manusia, dan apa yang ada pada manusia dari barang dagangan, hasil industry, dan hasil pertanian.
وَمِنْ مَشَاهِيْرِ أَصْحَابِ تِلْكَ الرِّحْلَاتِ الْيَعْقُوْبِيَّةُ (اَلْمُتَوَفَّى عَامَ ۲۸۴ ه) هُوَ الَّذِيْ طَافَ بَالْعِرَاقِ وَالْجَزِيْرَةِ الْعَرَبِيًّةِ وَبَلَادِ الشَّامِ وَمِصْرَ وَالْمَغْرِبِ الْعَرَبِيِّ وَالْأَنْدَلُسِ وَغَيْرِهَا, ثُمَّ وَضَعَ كَتَابَهُ الْجُغْرَافِيَّ (كَتَابَ الْبُلْدَانِ)
Diantara para pelancong yang terkenal adalah Al-Ya’qubiyyah (wafat 284 H), dia telah mengitari Iraqm, daratan negara-negara Arab, Syam (Syiria), Mesir, Arab barat, Andalusia (Spanyol) dan negara lainnya, kemudian dia menyusun tulisan tentang Geografi (Kitab Al-Buldan)
وَأَشْهَرُ الرَّحَالَةِ الْمُسْلِميْنَ جَمِيْعًا ابْنُ بَطُوْطَةَ الَّذِيْ قَطَعَ مَا يَزِيْدُ عَلَى خَمْسَةٍ وَسَبْعِيْنَ أَلْفَ مِيْلٍ فِىْ رِحْلَاتِهِ, وَقَضَى أَكْثَرَ مِنْ رُبْعِ قَرْنٍ بَعِيْدًا عَنْ أَهْلِهِ وَوَطَنِهِ.
Pelancong seluriuh kaum Muslimin yang paling terkenal adalah Ibnu Bathuthah, yang telah mengarungu waktu lebih dari 75.000  (tujuh puluh lima ribu) mil dalam perjalannya, dan menghabiskan lebih dari seper empat abad, jauh dari keluarga dan negaranya.

هٰكَذَا فَإِنَّ أُوَلَئِكَ الرَحَّالَةَ قَدْ جَمَعُوْا مَعْلُوْمَاتٍ قَيِّمَةٍ عَنِ الْبُلْدَانِ الَّتِيْ زَارَهَا, فَحَدَثَ الْإِتِّصَالُ وَالتَّارُفُ بَيْنَ أَفْرَادِ الْعَالَمِ الْإِسْلَامِيِّ.
Demikianlah, maka sesungguhnya para pelancong itu sungguh telah mengumpulkan pengetahuan-pengetahuan tentang Negara-negara yang dikunjungi mereka, kemudian tejalinlah hubungan dan saling kenal-mengenal antara masing-masing dunia Islam.


Share:

1 komentar:

Official boy(si tukang pel) mengatakan...

Terimakasih atas semua terjemahan nya saya jadi lebih mudah memahaminya

PPDB ONLINE 2023

PENDAFTARAN SISWA BARU KLIK>>> bit.ly/PPDB_MADAMA_2023

Recent Posts