لَقَدْ تَوَسَّعَ الْعَالَمُ الْإِسْلَامِيُّ فِى
الْعُصُوْرِ الْمَاضِيَةِ. وَهٰذَا يُؤَدِّيْ إِلَى زَيَادَةِ الْأَهَمِّيَّةِ
الْمَعْلُوْمَاتِ جُغْرَاغِيَّةِ الْإِسْلَامِيِّ وَالتَّعَرُّفِ عَلَى
الْأَحْوَالِ الْبِلَادِ.
Sungguh dunia
Islami pada masa-masa lalu telah mengalami perluasan. Ini menyebabkan kepada bertambah pentingnya pengetahuan
Geografi keislaman dan pengetahuan terhadap keadan-keadaan negara.
وَرَوَى التَّارِخُ أَنَّ الرَّحَالَةَ الْعَرَبَ كَانُوْا
يَجُوْبُوْنَ الْبِلَادَ الْإِسْلَامِيَّةَ وَتَجَاوَزُوْنَ حُدُوْدَ الْعَالَمِ
الْإِسْلَامِيِّ, فَلَمْ تَمْنَعْهُمْ صُعُوْبَةُ الْمُوَاصَلَاتِ أَوْ بُعْدُ
الْمَسَافَاتِ.
Ahli sejarah
telah meriwayatkan bahwa sesungguhnya para pelancong Arab mereka melampaui negara-negara Islam
dan melewati batas-batas dunia Islam, maka sulitnya transportasi atau jauhnya
jarak perjalanan itu tidak menghalangi mereka.
وَقَدْ كَثُرَ حِيْنَئِذٍ الرِّحْلَاتُ الْعِلْمِيَّةُ
وَالدِّيْنِيَّةُ وَالتِّجَارِيَّةُ.
Dan ketika
itu, sungguh banyak perjalanan ilmiyah,
keagaamaan dan perdagangan.
الرِّحْلَاتُ الْعِلْمِيَّةُ (Perjalananan
Imiyah)
إِهْتَمَّ الْإِسْلَامُ اهْتِمَامًا كَبَيْرًا فِى
بَالْعِلْمِ, وَحَثَّ عَلَى طَلَبِهِ وَالسَّعْيِ إَلَيْهِ. وَأَصْبَحَتِ
الرِّحَلَةُ لِذٰلِكَ مُنْذُ فَجْرِ الْإِسْلَامِ فِيْ طَلَبِ الْعِلْمِ
ضَرُوْرِيًّا, كَالَّذِيْ رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ (اَلْمُتَوَفَّى عَامَ ۲۵۶ ه)
مِنْ أَنَّ أَرْجَابَ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَحَلَ إِلَى مَسِيْرَةِ الشَّهْرِ إِلَى
عَبْدِ اللهِ بْنِ أَنِيْسٍ فِى طَلَبِ حَدِيْثٍ وَاحِدٍ.
Islam menaruh
perhatian yang sangat besar terhadap ilmu dan mendesak untuk menunututnya, dan berjalan kepadanya. Karena
itu, sejak terbitnya fajar Islam, perjalanan
dalam menuntut ilmu itu menjadi penting,
sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari (wafat tahun 256 H), bahwa sesunggunya Arjab bin Abdullah telah melancong dalam
masa perjalanan satu bulan menuju Abdullah bin Anis dalam menuntut satu hadits.
وَالْبُخَارِيُّ نَفْسُهُ مِثَالُ رَائِدٍ لِلْعُلَمَاءِ
الرِّحْلَةِ. وَلَمْ يَقْتَصِرِ الْأَمْرُ عَلَى هٰذَيْنِ الْمُحَدَّثِيْنِ بَلْ
إِنَّ كَثِيْرًا مِنْهُمْ كَانَ يَقْطَعُ الصَّحَارَى لِلتَّأْكِيْدِ مِنْ صِحَّةِ
حَدِيْثٍ أَوْ مَعْرِفَةِ سَنَدِهِ.
Imam Al-Bukhari sendiri
adalah contoh pelopor bagi para ilmuwan pelancong. Perkara ini tidak terbatas pada dua
ahli hadits ini, bahkan banyak diantara mereka menempuh padang pasir untuk
menguatkan tentang shohihnya hadits atau mengetahui sanadanya.
وَبِجَانِبِ الْهَدَفِ الرَّئِيْسِيِّ لِلرِّحْلَةِ فِى
طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَتْ تَتَحَقَّقُ أَهْدَافٌ أُخْرَى,
أَهَمُّهَا التَّعَرُفُ عَلَى أَحْوَالِ الْبِلَادِ السِّيَاسِيَّةِ وَمَرَاكِيْزِ
الْحَيَاةِ الْعِلْمِيَّةِ وَعَادَاتِ النَّاسِ وَأَخْلَاقِهِمْ.
Disamping tujuan pokok bagi
perlancog dalam menuntut ilmu, ada tujuan-tujuan yang lain, tujuan yang
terpenting dari perjalanan adalah mengenal keadaan-keadaan politik negara-negara,
pusat-pusat kehidupan ilmiyah, adat-adat manusia dan akhlak manusia.
اَلرِّحْلَاتُ الدِّيْنِيَّةُ (Perjalanan Keagamaan)
وَقَدْ سَاهَمَتِ الرِّحْلَاتُ الدِّيْنِيَّةُ فِيْ
تُوْسِيْعِ مَدَى الْأَسْفَارِ, إِذْ أَنَّ حَجَّ الْبَيْتِ – مَثَلًا – أَتَاحَ
لِكَثِيْرٍ مِنْ حُجَّاجِ بِيْتِ اللهِ الْحَرَامِ التَّعَاَرُفَ بَيْنَ
الْمُسْلِمِيْنَ وَتَبَادُلَ الْمَعْلُوْمَاتِ, وَهُمْ يَأْتُوْنَ إِلَيْهَا مِنْ
كُلِّ الْجِهَاتِ مِنْ أَجْنَاسٍ مُخْتَلِفَةٍ.
Sungguh perjalanan kegamaan
telah memberikan andil dalam memperluas sepanjang perjalanan, karena bahwa
sesungguhnya Baitullah
–misalnya – memudahkan bagi orang-orang yang berhaji untuk saling kenal-mengenal diantara kaum muslimin
dan saling tukar- menukar pengetahuan. mereka datang ke Baitullah dari selutuh penjuru dari jenis-jenis yang berbeda-beda.
اَلرِّحَلَاتُ التِّجَارِيَّةُ (Perjalanan
Perdagangan)
وَقَدْ رَاجَتِ التِّجَارَةُ فِيْ عُصُوْرِ الْإِسْلَامِ,
فَكَانَتِ التِّجَارَةُ تَرْتَبِطُ الْأَقَالِيْمَ الْإِسْلَامِيَّةُ بِخَارِجِ
الْحُدُوْدِ, حَيْثُ وَصَلَ التُّجَّارُ أَوَاسِطَ إِفْرِيْقِيَّا وَشَرَقِيَّ
آسِيَا.
Sungguh perdagagan telah menyebar pada masa-masa Islam,
maka perdagangan menjalin ikatan wilayah-wialyah Islam di luar batas, dimana para
pedagang telah sampai ke Afrika Tengah dan Asia Timur.
وَقَدِ اقْتَضَّتْ هٰذِهِ التِّجَارَةُ الْعَالَمِيَّةُ
أَنْ يَضَعَ الْجُغْرَافِيُّوْنَ كُتُبَ الدَّلِيْلِ لِهٰذِهِ الرِّحْلَاتِ,
فَبَيَّنَتْ هٰذِهِ الْكُتُبُ الْأَمَاكِنَ وَالْمَسَافَاتِ, وَذَكَرَتْ أَخْلَاقَ
الْأُمَمِ وَعَادَاتِ النَّاسِ وَمَا عِنْدَهُمْ مِنَ الْبَضَائِعِ
وَالْمَصْنُوْعَاتِ وَالْحَاصِلَاتِ الزِّرَاعِيَّةِ.
Sungguh perdagan dunia inia telah meminta para Ahli
Geografi mengarang buku petunjuk untuk perjalan-perjalanan ini, maka kemudian
buku-buku ini menjelasakan tempat-tempat dan jarak-jarak, menyebutkan akhlak
para umat dan adat kebiasan manusia, dan apa yang ada pada manusia dari barang
dagangan, hasil industry, dan hasil pertanian.
وَمِنْ مَشَاهِيْرِ أَصْحَابِ تِلْكَ الرِّحْلَاتِ
الْيَعْقُوْبِيَّةُ (اَلْمُتَوَفَّى عَامَ ۲۸۴ ه) هُوَ الَّذِيْ طَافَ
بَالْعِرَاقِ وَالْجَزِيْرَةِ الْعَرَبِيًّةِ وَبَلَادِ الشَّامِ وَمِصْرَ
وَالْمَغْرِبِ الْعَرَبِيِّ وَالْأَنْدَلُسِ وَغَيْرِهَا, ثُمَّ وَضَعَ كَتَابَهُ
الْجُغْرَافِيَّ (كَتَابَ الْبُلْدَانِ)
Diantara para
pelancong yang terkenal adalah Al-Ya’qubiyyah (wafat 284 H), dia telah
mengitari Iraqm, daratan negara-negara Arab, Syam (Syiria), Mesir, Arab barat,
Andalusia (Spanyol) dan negara lainnya, kemudian dia menyusun tulisan tentang
Geografi (Kitab Al-Buldan)
وَأَشْهَرُ الرَّحَالَةِ الْمُسْلِميْنَ جَمِيْعًا ابْنُ
بَطُوْطَةَ الَّذِيْ قَطَعَ مَا يَزِيْدُ عَلَى خَمْسَةٍ وَسَبْعِيْنَ أَلْفَ
مِيْلٍ فِىْ رِحْلَاتِهِ, وَقَضَى أَكْثَرَ مِنْ رُبْعِ قَرْنٍ بَعِيْدًا عَنْ
أَهْلِهِ وَوَطَنِهِ.
Pelancong seluriuh
kaum Muslimin yang paling terkenal adalah Ibnu Bathuthah, yang telah mengarungu
waktu lebih dari 75.000 (tujuh puluh
lima ribu) mil dalam perjalannya, dan menghabiskan lebih dari seper empat abad,
jauh dari keluarga dan negaranya.
هٰكَذَا فَإِنَّ أُوَلَئِكَ الرَحَّالَةَ قَدْ جَمَعُوْا
مَعْلُوْمَاتٍ قَيِّمَةٍ عَنِ الْبُلْدَانِ الَّتِيْ زَارَهَا, فَحَدَثَ
الْإِتِّصَالُ وَالتَّارُفُ بَيْنَ أَفْرَادِ الْعَالَمِ الْإِسْلَامِيِّ.
Demikianlah, maka
sesungguhnya para pelancong itu sungguh telah mengumpulkan
pengetahuan-pengetahuan tentang Negara-negara yang dikunjungi mereka, kemudian tejalinlah
hubungan dan saling kenal-mengenal antara masing-masing dunia Islam.
1 komentar:
Terimakasih atas semua terjemahan nya saya jadi lebih mudah memahaminya
Posting Komentar