Madrasah Hebat Bermartabat

Sejarah Singkat

Pada tahun 2002, di kecamatan Patimuan belum ada sekolah/madrasah tingkat SLTA, sehingga untuk melanjutkan belajar setelah tamat SMP/MTs, maka para pelajar harus menempuh perjalanan jauh keluar dari Patimuan yaitu ke Sidareja atau ke wilayah lain.

Berangkat dari keprihatinan ini, maka para tokoh masyarakat, terutama tokoh Nahdlatul Ulama kecamatan Patimuan, maka mereka berinisiatif untuk mendirikan sekolah/madrasah setingkat SLTA. Akhirnya disepakati mendirikan Madrasah Aliyah, dengan nama MA Ma’arif Patimuan di bawah koordinasi atau naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Patimuan. Seiring perjalanan waktu, nama madrasah berubah menjadi MA Ma’arif Nurul Huda Patimuan, karena madarasah ini satu yayasan dengan MI Nurul Huda Cinyawang dan  MTs Nurul Huda Patimuan. Namun demikian, MA Ma'arif Nurul Huda Patimuan juga berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif PCNU Cilacap.

Meskipun madrasah ini telah berdiri pada tahun 2003, namun SK Ijin Operasioal baru turun pada Tahun 2005, karena pada waktu itu madrasah diperbolehkan mengajukan ijin operasional setelah ada kegiatan Belajar Mengajar.

Pada Tahun 2009, madrasah ini menjalani akreditasi yang pertama, sehingga sejak keluar SK Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional, maka madarasah ini diberikan izin untuk menyelengarakan Ujian Nasional secara Mandiri. Sebelumnya, pelaksanaan Ujian Nasional menginduk ke MAN Majenang (sekarang MAN 2 Cilacap).

Sampai saat ini, MA Ma'arif Nurul Huda Patimuan telah meluluskan ratusan siswa yang sudah bekerja di berbagai bidang, antara lain sebagai guru Raudlatul Athfal, guru madrasah, wiraswasta.

Madarasah ini telah dipimpin oleh Kepala Madrasah Sebagai berikut:
  1. Jamaludin Albab, S.Ag tahun 2002 – 2003.
  2. Agus Khaedaer ZN, S.Ag, tahun 2003 – 2006
  3. Robitul Ashar, S,Pd.I, tahun 2006 – 2010
  4. Salamun, S.Ag, tahun 2010 – 2017
  5. Ajid Aziz, S.HI, S.Pd,I, tahun 2017 - sekarang


  
Share:

Tidak ada komentar:

PPDB ONLINE 2023

PENDAFTARAN SISWA BARU KLIK>>> bit.ly/PPDB_MADAMA_2023

Recent Posts