Madrasah Hebat Bermartabat

الحضارة الإسلامية بين الأمس واليوم Peradaban Islam Antara Dulu dan Sekarang


أَنْرَلَ اللهُ الْقُرْآنَ  عَلَى رَسُوْلِهِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُدًى لِلنَّاسِ جَمِيْعًا, فَاحْتَاجَ الْمُسْلِمُوْنَ إِلَى قِراءَةَ هَذَا الْكِتَابِ الْكَرِيْمِ وَفَهْمِ مَعَانِيْهِ, فَظَهَرَتْ عُلوْمُ الْقِرَاءَاتِ وَعُلُوْمُ التَّفْسِيْرِ وَعُلُوْمُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّىةِ.

Allah telah menurunkan Al-Quran kepada Rasul-Nya Sayyidinaa Wa Maulaanaa Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh manusia, kemudian kaum muslimin membutuhkan  untuk membaca kitab yang mulia ini (Al-Quran) dan memahami makna-maknanya, maka lahirlah ilmu qiroat (ilmu membaca Al-Quran), ilmu tafsir dan ilmu bahasa Arab.

وَاحْتَاجَ الْمُسْلِمُوْنَ أَيْضًا إِلَى أَنْ يَفْهَمُوا الشَّرِيْعَةَ, فَظَهَرَتْ عُلُوْمُ أُصُوْلِ الْفِقْهِ وَالْفِقْهِ وَقَضْ فَرَضَ الْقُرْآنُ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ أَنْ يَتَفَكَّرُوْا فِى أَحْوَالِ الْكَوْنِ, وَبِهَذَا اهْتَمَّ الْمُسْلِمُوْنَ بِالْعُلُوْمِ التَّجْرِيْبِيَّةِ فَظَهَرَتْ عُلُوْمُ الْكِيْمِيَاءِ وَالْفِيْزِيَاءِ وَالطِّبِّ وَالْبِيُوْلُوْجِيَ ومَا أَشْبَهَ ذَلِكَ مِنَ الْعُلُوْمِ الطِّبِّيَّةِ.
Dan kaum muslimin juga membutuhkan  untuk memahami syariat (agama), maka lahirlah ilmu ushul fiqih dan ilmu fiqih, dan sungguh Al-Quran telah mewajibkan kaum muslimin untuk memikirkan tentang keadan-keadaan alam, maka dengan ini, umat islam memperhatikan ilmu-ilmu eksperimen maka lahirlah ilmu kimia, fisika, kedokteran, biologi dan serupa itu semua dari ilmu-ilmu kedokteran.

وَظَهَرَ الْمَنْهَجَ التَّجْرِيْبِيُّ أَوَّلَ مَرَّةٍ فِى تَارِيْخِ الْحَضَارَةِ الْبَشَرِيَّةِ عَلَى عُلَمَاءِ الْإِسْلَامِ. وَاعْتُبَرَ جَابِر بْنُ الْحَيَّان مِنَ الْأَوَائِلِ الَّذِيْنَ أَدْخَلُوْا هَذَا الْمَنْهَجَ فِى أَبْحَاثْهِمْ. وَكَانَ جَابِر أَعْظَمَ الْكِيْمِيَائِّيِّيْنَ, وَمِنْ مُصَنَّفَاتِهِ فِى الْكِيْمِيَاءِ كَتَابُ الْخَوَّصِّ وَكِتْابُ السَّبْعِيْنَ, وَكُتُبٌ أُخْرَى مَشْهُوْرَةٌ, وَهُوَ يْعَمَلُ صَيْدَلَانِيًّا فِى الْكُوْفَةِ.

Telah lahir metode eksperimen pada pertama kali dalam sejarah peradaban manusia di tangan para ilmuwan Islam. Jabir bin Hayyan dianggap termasuk diantara para ilmuwan yang memasukkan metode eksperimen ini dalam penelitian-penelitian mereka. Dan Jabir bin Hayyan adalah ahli kimia terbesar, diantara karangan-karangan Jabir dalam ilmu kimia adalah Kitab Al-Khowwash, Kitab As-Sab’iin dan kitab-kitab yang terkenal lainnya, dia bekerja sebagai apoteker di Kufah (Irak).

وَاعْتُبَرَ ابْنُ الْهَيْثَمِ مِنَ الرُّوَّادِ الَّذِيْنَ أَسَّسُوا الْمَنْهَجَ التَّجْرِيْبِيِّ فِي عِلْمِ الْفِيْزِيَاءِ, فَهُوَ مُنْشِئُ عِلْمِ الضَّوْءِ.
Ibnu Haitsam dianggap termasuk diantara para pelopor yang meletakkan dasa-dasar metode eksperimen dalam ilmu fisika, dia adalah orang yang menumbukan ilmu cahaya.
وَاشْهَرَ الْبَيْرُوْنِيُّ بِقِيَاسِ مَسَافَةِ الْأَرْضِ, وَبَيَانِ كُسُوْفَ الشَّمْسِ, وَنَاقَشَ الْأَدِلَّةَ عَلَى كُرَوِيَةِ الْأَرْضِ وَدَوَرَانِهَا عَلَى 
مَحْوَرِهَا وَحَوْلَ الشَّمْسِ, وَابْتَكَرَ مِرْصَادًا لَرَصْدِ الْكَوَاكِبِ وَالنُّجُوْمِ.
Al-Bairuni telah terkenal dengan analogi jarak bumi, penjelasan gerhana marahari, mendebatkan dalil-dalil tentang bulatnya bumi dan berputarnya bumi pada porosnya (rotasi) dan berputarnya bumi di sekeliling matahari (revolusi), dan Al-Bairuni menciptakan teropong untuk meneropong planet-planet dan bintang-bintang.
وَكَانَ ابْنُ سِيْنَا أَوَّلَ مَنِ اسْتَعْمَلَ التَّحْدِيْرَ فِى الْجَرَاحَةِ.
Ibnu Sina adalah orang pertama yang menngunakan obat bius dalam pembedahan (operasi).
وَكَانَ ابْنُ النَّفَيْسِ أَوَّلَ مَنِ اكْتَشَفَ الدَّوْرَةَ الدَّمَوِيَّةَ وَبَيَّنَ حَرَكَةَ الدَّوْرَةَ الدَّمَوِيَّةَ فِى الرِّئَتَيْنِ وَفِى الْجِسْمِ, وَاشْهَهَرَ كَذَلِكَ بَتَشْرِيْحِ الْجِسْمِ, وَهُوَ أَسَاسُ عِلْمِ التَّشْرِيْحِ.
Ibnu Nafis adalah orang pertama yang menyingkap perdaran adarah darah menjelaskan bergeraknya peredaran darah dalam limfa dan dalam tubuh, dan karena itulah ia terkenal dengan anatomi tubuh, dan ia adalah dasar ilmu anatomi.
وَسَبَقَ كَذَلِكَ عُلَمَاءُ الْإِسْلَامِ فِى الرِّيَاضِيَّاتِ, مِنْهُمْ ابْنُ جَابِر الْبَتَّانِيُّ وَمُوْسَى ابْنُ شَاكِرٍ وَالْبَيْرُوْنِيُّ.
Begitu juga para imuwan Islam telah maju mendahului dalam matematika, diantara ilmuwan Islam yang maju dalam matematika adalah Ibnu Jabir Al-Battani, Musa bin Syakir dan Al-Bairuni.
هَكَذَا كَانَ الْإِسْلَامُ مِنْ أَقْوَى الْعَوَامِلِ عَلَى تَقَدُّمِ الْحَضَارَةِ فِى مِيْدَانِ الْعُلُوْمِ الْمُخْتَلِفَةِ. وَ هَكَذَا تَقَدَّمَتِ الْحَضَارَةُ الْإِسْلَامِيَّةُ , فِى الْوَقْتِ الَّذِى كَانَتْ أُوْرُبَّا فِى ظَلَامِ الْجَهْلِ, فِى الْوَقْتِ الَّذِى يُسَمَّى بِالْقُرُوْنِ الْوُسْطَى.
Demikianlah, Islam termasuk faktor paling kuat terhadap kemajuan peradaban dalam medan ilmu yang berbeda-beda. Dan demikianlah peradaban islam telah maju pada waktu Eropa dalam gelapnya kebodohan, pada waktu yang disebut dengan ‘Abad pertengahan’.
والْيَوْمَ نُشَاهِدُ كَثِيْرًا مَنَ الدُّوَلِ الْغَرْبِيَّةِ مِثْلُ أَمْرِيْكَا وَأَوْرُبَّا لَهَا سَيْطَرَةٌ عَظِيْمَةٌ عَلَى الدُّوَلِ الْإِسْلَامِيَّةِ وَغَيْرِهَا فِى جَمِيْعِ مَيَادِيْنِ الْحَيَاةِ الْإِقْتِصَادِيَّةِ وَالسِّيَاسِيَّةِ وَالْإِجْتِمَاعِيَّةِ, أَيْنَ نَحْنُ الْمُسْلِمُوْنَ الْيَوْمِ مِنْ هَؤُلَاءِ الْغَرْبِ.
Hari ini kita melihat banyak diantara Negara-negara barat seperti Amerika dan Eropa, mereka memiliki dominasi yang besar terhadap negara-negara Islam dan negera-negara lainnya dalam seluruh medan kehidupan ekonomi, politik, dan sosioal. Di maman kita kaum muslimin sekarang dari orang-orang barat itu؟

Buku Siswa Bahasa Arab Kelas XII Kurikulum 13, Dirjenpendis Kemenag Republik Indonesia


Share:

Tidak ada komentar:

PPDB ONLINE 2023

PENDAFTARAN SISWA BARU KLIK>>> bit.ly/PPDB_MADAMA_2023

Recent Posts