Madrasah Hebat Bermartabat

Sejarah Asal Usul Bahasa Arab dan Perkembangannya

Bahasa Arab merupakan bahasa yang banyak menyumbangkan kosakata pada bahasa yang ada didunia. Alasan utamanya karena bahasa ini digunakan dalam kitab Al Qur’an yang masih bertahan dengan bahasa aslinya selama lebih dari 14 abad dan kitab yang banyak dibaca didunia.




Bahasa Arab berkembang dari bahasa Aramaik yang dahulu banyak digunakan dikawasan Palestina dan digunakan nabi Ibrahim beserta anak cucunya. Bahasa Aramaik dibawa oleh nabi Ibrahim beserta istrinya Siti Hajar yang memiliki seorang anak yaitu nabi Ismail.

Nabi Ibrahim beserta Siti Hajar dan Ismail kecil kemudian pergi ke Mekkah lalu tinggal disana sedangkan nabi Ibrahim selalu pulang pergi antara Palestina dan Mekkah. Siti Hajar berasal dari Mesir dan menggunakan bahasa Qibti yang digunakan oleh masyarakat Mesir saat itu.

Hal ini membuat nabi Ismail bisa menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Aramaik dari ayahnya dan bahasa Qibti dari ibunya. Kemudian Siti Hajar menemukan air zam-zam yang mengalir terus dan tiada habisnya. Hal ini membuat para kabilah atau pedagang yang lewat lalu tinggal disitu.

Semakin lama tempat itu dipenuhi para pedagang dan menjadi sebuah perkampungan yang ramai. Dan orang-orang yang datang berasal dari daerah yang berbeda-beda dengan latar belakang bahasa yang tidak sama sehingga terjadi pembauran beberapa bahasa ditempat itu.

Dari sinilah awal mula sejarah lahirnya bahasa Arab karena nabi Ismail kemudian menggabungkan beberapa bahasa tersebut lalu menjadi bahasa Arab. Lalu bahasa ini mulai berkembang dan menjadi bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi penduduk sehari-hari.

Banyak yang mengatakan bahwa bahasa Arab sudah ada sejak zaman nabi Adam, namun hal ini tidak memiliki bukti yang kuat tentang hal tersebut. Karena bahasa yang digunakan nabi Adam beserta anak cucunya telah hilang jejaknya setelah bencana banjir besar pada masa nabi Nuh.

Hingga saat ini bahasa Arab telah berkembang pesat dan digunakan lebih dari 25 negara-negara ditimur tengah dan kawasan Afrika utara. Banyak sekali faktor yang membuat bahasa Arab sehingga bisa digunakan dan diadopsi oleh banyak negara-negara didunia.

Pada masa pendidikan berkembang maju dikota Baghdad dan banyak sekali buku-buku yang menggunakan bahasa Arab. Hal yang sama juga terjadi di Andalusia ketika menjadi pusat pendidikan dunia dan banyak sekali buku-bukunya yang menggunakan bahasa Arab.


Banyak orang-orang dari seluruh penjuru dunia yang belajar dikota Baghdad dan Andalusia sehingga mereka harus bisa menggunakan bahasa Arab. Hal ini yang membuat bahasa Arab bisa bertahan dan terus berkembang ke seluruh penjuru dunia dan tidak hilang sampai sekarang.

Referensi
khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/16/01/12/o0ulij320-hebatini-pengaruh-bahasa-arab-terhadap-eropa
Share:

Tidak ada komentar:

PPDB ONLINE 2023

PENDAFTARAN SISWA BARU KLIK>>> bit.ly/PPDB_MADAMA_2023

Recent Posts