Madrasah Hebat Bermartabat

Hari-Hari Raya Dalam Islam



اَلْأَعْيَادُ فِى الْإِسْلَامِ

إِهْتَمَّ الْإِسْلَامُ بِالْأَعْيَادِ اِهْتَمَامًا كَبِيْرًا, أَوَّلًا لِأَنَّهَا كَانَتْ مَوْجُوْدَةً فِى الْمُجْتَمَعَاتِ الْقَدِيْمَةِ, وَثَانِيًا: لِأَنَّهَا أَمْرٌ ضَرُوْرِيٌّ لِكٌلِّ أُمَّةٍ حَتَّى يَكُوْنَ لَهَا أَعْيَادٌ فِيْ أَيَّامِهَا تَفْرَحُ بِهَا وَتَسْتَرِيْحُ مِنْ تَعَبِ الْعَمَلِ. وَأَعْيَادُ كُلِّ أُمَّةٍ تَرْتَبِطُ بِدِيْنِهَا أَوْ بِحَوَادِثَ مُهِمَّةٍ لَهَا أَثَرٌ فِيْ حَيَاتِهَا.

Islam memberikan perhatian yang besar terhadap hari-hari raya, pertama karena hari-hari raya itu sudah ada pada masyarakat terdahulu, dan yang kedua karena hari-hari raya itu merupakan perkara yang penting bagi setiap umat sehingga umat memiliki hari-hari raya yang di dalamnya umat bisa bergembira dan beristirahat dari lelahnya pekerjaan. Dan hari-hari raya setiap umat itu bertalian dengan agamanya atau peristiwa-peristiwa yang penting yang memiliki pengaruh dalam hidupnya.

جَعَلَ الْإِسْلَامُ لَهُمْ عِيْدَيْنِ مُرْتِبَطَيْنِ بِعِبَادَتَيْنِ مِنْ أَهَمِّ عِبَادَاتِ الْإِسْلَامِ وَهُمَا عِيْدُ الْفِطْرِبَعْدَ أَنْ يَنْتَهِيَ الْمُسْلِمُوْنَ مِنْ صَوْمِ رَمَضَانَ وَيَفْرَحُوْا بِفِطْرِهِمْ  وَعِيْدُ الْأَضْحَى فِى الْعَاشِرِ مِنْ شَهْرِ ذِى الْحِجَّةِ أَيْ بَعْدَ يُؤَدِّيَ الْحُجَّاجُ أَهَمَّ رُكْنٍ فِيْ عِبَادَةِ الْحَجَّ وَهُوَ الْوُقُوْفُ بِعَرَفَةَ.

Islam telah menjadikan dua hari raya yang bertalian dengan dua ibadah diantara ibadah-ibadah Islam yang paling penting, yaitu “Idul Fitri” setelah umat Islam selesai dari puasa Ramadlan dan mereka bergembira dengan berbuka, dan “Idul Adlha” pada hari kesepuluh dari bulan Dzul Hijjah yaitu setelah orang-orang yang berhaji melaksanakan rukun yang paling penting dalam ibadah haji yaitu wuquf di Arafah.

وَفِيْ لَيْلَتَيِ الْعِيْدِ يُكَبِّرُ الْمُسْلِمُوْنَ اللهَ يَقُوْلُوْنَ: اللهُ أَكْبَرُ ... اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَآ إِلهَ إِلَّا اللهُ وَالله أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ. يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ وَيَسْتَغْفِرُوْنَهُ وَيُعْطُوْنَ الْفُقَرَاءَ.

Dan di dua malam hari raya, umat Islam bertakbir kepada Allah dengan mengucapkan: Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Laa ilaaha illlaahu Wallahu Akbar walillahil hamdu.Mereka berdoa dan memohon ampunan kepada Tuhan mereka, dan memberikan (zakat fitrah) kepada orang-orang faqir.

جَعَلَ اللهُ عِيْدَ الْفِطْرِ فُرْصَةً لِإِظْهَارِ الْفَرَحِ وَالسُّرُوْرِ وَالشُّعُوْرِ بِالشُّكْرِ للهِ مِنْ مَظَاهِرِ الْفَرَحِ فِيْ عِيْدِ الْفِطْرِ إِدْخَالُ السُّرُوْرِ عَلَى الْفُقَرَاءِ  وَالْمَسَاكِيْنِ بِإِعْطَائِهِمْ زَكَاةَ الْفِطْرِ قَبْلَ صَلَاةِ الْعِيْدِ. وَفِي صَلَاةِ الْأَضْحَى ذَبْحُ الْأَضْحِيَةِ وَتَوْزِيْعُ لُحُوْمَهَا لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِيْنِ.

Allah telah menjadi hari raya Idul Fitri sebagai masa melahirkan kebahagiaan, kegembiraan, dan syiar dengan bersyukur kepada Allah. Diantara menampakkan (mewujudkan) kebahagiaan di hari raya adalah memberikan kegembiraan kepada orang-orang faqir dan miskin, dengan memberikan zakat fitrah kepada mereka sebelum sholat Idul Fitri, dan mewujudkan kegembiraan pada hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan qurban dan membagikan daging qurban kepada orag-orang faqir dan miskin.

تُصْبِحُ الْأَعْيَادُ فِيْ نَطَرِ الْإِسْلَامِ لَحَظَاتٍ يَتَقَرَّبُ بِهَا الْمُسْلِمُوْنَ إِلَى اللهِ وَفُرْصَةً لِلْخَيْرِ وَأَسْبَابًا تُسَاعِدُ عَلَى تَقْوِيَةِ الصِّلَاتِ بَيْنَ النَّاسِ وَيَظْهَرُ وَالتَّكَافُلُ الْإِجْتَمَاعِيُّ. فِيْهَا يَتَبَادَلُ النَّاسُ التَّهَانِيَّ وَالزِّيَارَاتِ. وَبِذٰلِكَ يَتَّصِلُ الْإِنْسَانُ بِرَبِّهِ عَنْ طَرِيْقِ الْعِبَادَةِ وَعَنْ طَرِيْقِ الْمَحَبَّةِ وَالْإِخَاءِ.   

Dalam pandangan Islam, hari-hari raya itu menjadi masa-masa yang dengannya Umat Islam bisa mendekatkan diri kepada Allah, masa untuk berbuat kebaikan dan sebab-sebab yang menolong terhadap kuatnya hubungan diantara manusia dan saling menanggung secara bersama-sama. Di dalam hari-hari raya terdapat manusia yang saling tukar-menukar ucapan selamat dan berkunjung. Dengan demikian maka manusia berhubungan dengan Tuhannya melalui jalan ibadah dan melalui jalan cinta dan persaudaraan.

Materi Qiroah Buku Siswa Bahasa Arab Kelas XII halaman 85-86, cetakan Direktur Jenderal Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI tahun 2016 .

Share:

Tidak ada komentar:

PPDB ONLINE 2023

PENDAFTARAN SISWA BARU KLIK>>> bit.ly/PPDB_MADAMA_2023

Recent Posts