Madrasah Hebat Bermartabat

آمَالُ الْمُرَاهِقِيْن (Cita-cita Para Remaja)


(أ)
أَلْقَى الشَّيْخ إِبْرَاهَيِمْ, وَهُوَ مُبَلِّغٌ إِلَى الْإِسْلَام, مُحَاضَرَة دِيْنِيَّة أَمَامَ الطُّلَّاب وَالطَّالِبَاتِ تَحْتَ الْمَوْضُوْعِ : (مَرْحَلَة الْمُراَهَقَة).
Kiyai Ibrohim menyampaiakan - Dia adalah seorang mubaligh (penceramah Islam) - ceramah keagamaan di hadapan para siswa dan siswi di bawah tema: (Masa Remaja).
وَمِنْ كَلَامِ الشَّيْخ :
أَنْتُم الْآنَ فِيْ مَرْحَلَة الْمُرَاهَقَة, وَهَيَ مَرْحَلَة بَعْدَ مَرْحَلَة الطُّفُوْلَة. وَهَيَ مَرْحَلَةٌ هَامَّةٌ لِحَيَاتِكُمْ وَفِي بِنَاءِ جِسْمِكُمْ بَلْ أَهَمُّ مَرْحَلَةٍ فِيْ بِنَاء ِ مُسْتَقْبَلِكُمْ وَفِيْ تَحْقِيْقِ آمَالْكُمْ فِى الْحَيَاة.
Diantara ucapan Kiyai Ibrahim:
Kalian sekarang berada di masa remaja, ia (masa remaja) adalah masa setelah masa kana-kanak. Ia adalah masa yang penting bagi kehidupan kalian dan dalam membina badan bahkan masa remaja itu adalah masa yang paling penting dalam membangun masa depan kalian dan dalam mewujudkan cita-cita kalian dalam kehidupan.
(ب)
هٰذَا يَتَمَنَّى أَنْ يَكُوْنَ مُهَنْدِسًا, لِيَبْنِيَ الْبُيُوْتَ وَالْعِمَارَاتِ. وَذٰلِكَ يُرِيْدُ أَنْ يَكُوْنَ طَبِيْبًا, لِيُعَالِجَ الْمَرْضَى فِى الْمُسْتَشْفَيَاتِ. وَهٰذِهِ تُحِبُّ أَنْ  تَكُوْنَ مُدَرِّسَةً, لِتُدَرِّسَ التَّلَاميْذَ فِى الْمَدَارِسَ. وَتِلْكَ تَتَمَنَّى أَنْ تَكُوْنَ مُحَامِيَةً  لِيُسَاعِدَ الْمُسْتَضعَفِيْنَ فِى الْعَدَالَةِ.
Siswa ini ini ingin menjadi seorang arsitek supaya dia bisa membangun rumah-rumah dan apartemen-apartemen. Siswa itu ingin menjadi seorag dokter supaya dia  bisa mengobati para pasien di beberapa rumah sakit. Siswi ini senang menjadi guru, supaya dia bias mengajar para siswa di madrasah-madrasah. Siswi itu mengharap bisa menjadi seorang pengacara supaya dia bisa menolong para terdakwa dalam pengadilan.

 وَآخَرُ يُفَضِّلُ أَنْ يُوَاصِلَ دِرَاسَتَهُ إِلَى جَامِعَاتٍ مُخْتَلِفَةٍ, وَمِنْهَا جَامِعَةٌ دِيْنِيَّةٌ لِيَكُوْنَ عَالِمًا أَوْ دَاعِيَةً لِلْإِسْلَامِ. هُنَا مَنْ يَخْتَارُ أَنْ يَكُوْنُوْا جُنُوْدًا شُجْعَانَ للِدِّفَاعِ عَنْ بِلَادِهِمْ,  وَهُنَاكَ مَنْ تُفَضِّلُ أَنْ تَكُوْنَ صَحَافِيَّةً لِتَكْتُبَ فِى الْأَخْبَارِ
Siswa yang lain mengutamakan meneruskan belajarnya ke universita-universitas yang berbeda-beda, diantaranya adalah universitas keagamaan supay bisa menjadi orang yang berilmu (ahli agama) atau pendakwah (dai) agama Islam. Di sana ada siswa yang memilih menjadi para tentara yang pemberani supaya mereka bia menajaga (membela) negara mereka, dan di sana ada sisw yang lebih senang menad wartawan supaya ia bisa menulis berita.
(ج)
يَنْمُو جِسْمُكُمْ فِيْ هٰذِهِ الْمَرْحَلَةِ نُمُوًّا سَرِيْعًا, وَيَنْمُوْ كَذٰلِكَ عَقْلُكُمْ نُمُوًّا سَرِيْعًا فَيَجِبُ أَنْ تَحَافظُوْا عَلَى صِحَّةِ أَجْسَامِكُمْ, وَيَجِبُ  عَلَيْكُمْ أَنْ تُنَظِّمُوْا حَيَاتَكُمْ وَتُقَسِّمُوْا أَوْقَاتَكُمْ بَيْنَ الرَّاحَةِ وَالْعَمَلِ وَبَيْنَ الدِّرَاسَةِ وَالرِّيَاضَةِ . وَلَا تُضَيِّعُوْا أَوْقَاتَكُمْ فِيْ كَثْرَةِ السَّهَرِ وَغَيْرِ ذٰلِكَ مِنَ الْأَعْمَالِ الَّتِيْ تُضِرُّ بِمُسْتَقْبَلِكُمْ.

Pada masa (remaja) ini badan kalin tumbuh dengan pertumbuhan yang cepat, begitu juga akal kalian tumbuh dengan pertumbuhan yang cepat, maka kalian wajib menjaga kesehatan badan kalian dan wajb mengatur hidup kalian dan membagi waktu kalian antara istirahat dan bekerja dan antara belajar dan olah raga. Janganlah kalian menyia-nyiakan waktu dalam begadang dan selainnya diantara perbuatan-perbuatan yang membahayaan masa depan kalian.

Buku Paket Bahasa Arab Kelas XI Kurikulum 2013, Kemenag RI, halaman 15-16.


File word bisa dilihat diunduh gratis.
Share:

Tidak ada komentar:

PPDB ONLINE 2023

PENDAFTARAN SISWA BARU KLIK>>> bit.ly/PPDB_MADAMA_2023

Recent Posts