Madrasah Hebat Bermartabat

E-Learning Madrasah

Bulan Desember tahun 2019, Direktorat Madrasah mulai mengeluarkan sedikit informasi tentang E-Learning Madrasah yaitu aplikasi digitalisasi madrasah untuk menyongsong revolusi 4.0. 

Dalam E-Learning Madrasah terdapat 6 user yang disiapkan yaitu untuk Operator Madrasah, guru mata pelajaran, siswa madrasah, guru bimbingan konseling, wali kelas dan kepala madrasah yang masing-masing memiliki user sendiri untuk masuk ke dalam aplikasi E-Learning Madrasah.

Dalam aplikasi E-Learning Madrasah ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh masing-masing user yaitu:
  1. Operator Madrasah, melakukan manajemen user yang dapat login kedalam E-Learning dan mengatur tahun pelajaran dan semester aktif.
  2. Guru mata pelajaran, membuat ruang kelas, mata pelajaran, bahan ajar, jurnal mengajar, kuis, soal CBT hingga penilaian otomatis di dalam kelas dalam satu semester.
  3. Siswa Madrasah, mengikuti setiap kegiatan belajar mengajar di dalam kelas di antaranya mempelajari bahan ajar yang dibuat oleh guru, mengerjakan tugas dan mengerjakan soal berbagsis CBT.
  4. Guru bimbingan konseling, memberikan 7 layanan bimbingan konseling dan memberikan solusi terhadap permasalahan siswa di Madrasah melalui E-Learning.
  5. Wali kelas, melakukan penilaian terhadap KI-1 dan KI-2 (sikap sosial dan spiritual), serta melakukan rekap nilai akhir raport KI-3 dan KI-4.
  6. Kepala madrasah, dapat mengetahui proses kegiatan belajar mengajar dalam kelas dan kinerja guru dalam mengajar.

Untuk user akses pun, tiap-tiap user sudah memiliki aturannya masing-masing. Sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan oleh KSKK, seperti dalam foto dibawah ini: 


Seperti berita yang tertulis pada web Kemenag tertanggal 26 Juni 2019 tentang Kemenag Lakukan Terobosan Model e-Learning Madrasahbahwa E-Learning ini akan menargetkan 5 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) dari 23 MAN IC di Indonesia melakukan terobosan pembelajaran dengan model e-learning. Untuk madrasah lainnya, menunggu surat dan informasi resmi lebih lanjut dari Direktorat KSKK Madrasah Kemeterian Agama Republik Indonesia. 

Untuk pembahasan lebih lanjut, akan diposting dalam postingan berbeda. 

Share:

Tidak ada komentar:

PPDB ONLINE 2023

PENDAFTARAN SISWA BARU KLIK>>> bit.ly/PPDB_MADAMA_2023

Recent Posts